Materi 4 cara menggunakan rumus di exel
4. Cara menggunakan rumus di
exel
1.Di lembar kerja, klik sel tempat Anda
ingin memasukkan rumus.
Ketik tanda = (sama dengan)
diikuti oleh konstanta dan operator (hingga 8192 karakter) yang ingin Anda
gunakan dalam perhitungan.
Untuk contoh kami, ketik =1+1.
Catatan:
Daripada mengetik konstanta ke dalam rumus
Anda, Anda dapat memilih sel berisi nilai yang ingin Anda gunakan dan masukkan
operator di antara sel yang dipilih.
Mengikuti urutan standar operasi
matematika, perkalian dan pembagian dilakukan sebelum penjumlahan dan
pengurangan.
2.Tekan Enter (Windows)
atau Return (Mac).
Mari kita ambil contoh rumus sederhana
lainnya. Ketik =5+2*3 di sel lain, lalu
tekan Enter atau Return. Excel mengalikan dua angka terakhir dan
menjumlahkan angka pertama dengan hasilnya
3.Menggunakan Jumlah Otomatis
Anda dapat menggunakan Jumlah Otomatis
untuk menjumlahkan kolom atau baris atau angka dengan cepat. Pilih sel di
samping angka yang ingin Anda jumlahkan, klik Jumlah Otomatis pada
tab Beranda, tekan Enter (Windows) atau Return (Mac),
dan selesai!
Ketika Anda mengklik Jumlah Otomatis,
Excel akan otomatis memasukkan rumus (yang menggunakan fungsi
SUM) untuk menjumlahkan angka.
Catatan: Anda juga dapat mengetikkan
ALT+= (Windows) atau ALT+ += (Mac) ke dalam sel, dan Excel akan menyisipkan fungsi SUM
secara otomatis.
Inilah contohnya. Untuk menambahkan angka
di bulan Januari dalam anggaran Hiburan, pilih sel B7, sel berada tepat di
bawah kolom angka. Selanjutnya klik JumlahOtomatis. Rumus muncul di sel
B7, dan Excel menyorot sel yang Anda jumlahkan.
Tekan Enter untuk menampilkan hasil (95.94)
di sel B7. Anda juga bisa melihat rumus di bilah rumus pada bagian atas jendela
Excel.
Catatan:
Untuk menjumlahkan kolom angka, pilih sel
yang berada tepat di bawah angka terakhir di kolom. Untuk menjumlahkan baris
angka, pilih sel yang berada tepat di sebelah kanan.
Ketika Anda membuat rumus, Anda bisa
menyalinnya ke sel yang lain daripada mengetiknya berulang kali. Sebagai
contoh, jika Anda menyalin rumus di sel B7 ke sel C7, rumus di C7 secara
otomatis menyesuaikan terhadap lokasi baru, dan menghitung angka di C3:C6.
Anda juga bisa menggunakan JumlahOtomatis
pada lebih dari satu sel sekaligus. Sebagai contoh, Anda bisa menyorot baik sel
B7 maupun C7, klik JumlahOtomatis, dan menjumlah di kedua kolom pada saat
yang sama.
Komentar
Posting Komentar